Untung Dunia Akhirat Berkat Amal Ini
10 Jul
Aksiberbagi.com

Untung Dunia Akhirat Berkat Amal Ini

Oleh. A. Liana

Banyak orang yang menginginkan kekayaan di dunia. Setiap hari orang-orang berlomba untuk mencari rezeki. Bukan hanya untuk memenuhi kebutuhan hidup sehari-hari, tapi juga untuk memiliki simpanan atau harta benda yang bisa menjamin kehidupan di masa depan.

Namun sayang, kadang manusia lupa bahwa kehidupan di masa depan bukan hanya di dunia. Masa depan yang sejati adalah masa di akhirat. Sebaik-baik bekal untuk menjamin kehidupan di akhirat yang kekal adalah amal salih. Salah satu amal salih yang paling menguntungkan dan menyelamatkan adalah sedekah.

Dalam Al-Qur'an Allah SWT berfirman,

"Perumpamaan (nafkah yang dikeluarkan oleh) orang-orang yang menafkahkan hartanya di jalan Allah adalah serupa dengan sebutir benih yang menumbuhkan tujuh bulir, pada tiap-tiap bulir seratus biji. Allah melipatgandakan (ganjaran) bagi siapa yang Dia kehendaki. Dan Allah Maha Luas (karunia-Nya) lagi Maha Mengetahui." (QS. Al Baqarah : 261)

Keuntungan yang berlipat ganda ini bukan hanya didapatkan di dunia, namun akan didapatkan juga di akhirat. Ganjarannya tentu tidak melulu berupa materi. Di dunia seorang bisa mendapatkan keberkahan, kemudahan, kesehatan, keselamatan dan banyak kebaikan lainnya karena sedekah. Dan yang jauh lebih menguntungkan adalah balasan di akhirat. Bukan hanya dapat menghapus dosa, tapi juga dapat menjadi pahala jariyah yang tak terputus.

Dalam sebuah hadis, Rasulullah SAW bersabda, "Sedekah itu dapat menghapus dosa sebagaimana air itu memadamkan api." (HR. At-Tirmidzi)

Dalam riwayat lain Rasulullah SAW juga bersabda,

"Jika anak keturunan Adam meninggal dunia, maka terputuslah amalnya, kecuali tiga hal, yaitu sedekah jariyah, ilmu yang diambil manfaatnya dan anak salih yang senantiasa mendoakannya." (HR. Muslim)

Dosa-dosa yang dihapuskan karena sedekah akan membuat timbangan keburukan berkurang dan menambah berat timbangan kebaikan seseorang. Tentunya jika sedekah tersebut juga dibarengi dengan taubat. Hal ini bisa menyelamatkan seorang hamba dari ancaman siksa neraka dan memperbesar peluangnya masuk ke dalam surga.

Dalam hadis lain Rasulullah SAW juga bersabda, "Jauhkan dirimu dari api neraka walaupun hanya dengan (sedekah) sebutir kurma." (Muttafaq'alaih)

Bukan hanya itu, Allah juga menjanjikan kebaikan yang tidak terputus bagi mereka yang beramal sedekah jariyah, meski orang tersebut telah meninggal. Pahala akan terus mengalir meski raga sudah tak mampu beramal. Ini yang sebagian orang sebut, 'membawa harta sampai mati'. Yang dibawa adalah manfaat kebaikan dan kenikmatan berlipat yang terus mengalir sampai pada keabadian. Menguntungkan sekali, bukan?

Jadi, jangan ragu untuk menafkahkan sebagian rejeki kita untuk sedekah di jalan Allah. Insyaallah, dengan rajin bersedekah, kita akan memiliki bekal yang bukan hanya menguntungkan di dunia, tapi juga menguntungkan di akhirat.

  • Share Artikel: