Sedekah Mampu Menolak Bala
10 Jul
Aksiberbagi.com

Sedekah Mampu Menolak Bala

Islam mengajarkan untuk menyisihkan sebagian harta yang dimiliki umatnya, salah satunya adalah untuk disedekahkan kepada kaum miskin dan dhuafa. Sedekah bertujuan untuk menyucikan harta, membantu sesama serta bekal pahala di akhirat kelak.

Sedekah yaitu mengeluarkan sebagian harta berapa pun jumlahnya, untuk disumbangkan kepada mereka yang membutuhkan (kaum miskin/dhuafa), mendanai kegiaan sosial dan dakwah, serta perjuangan di jalan Allah SWT. Sedekah juga bisa dalam bentuk non materi, seperti senyum, ilmu, dan tenaga.

Sedekah juga bisa berupa kemudahan yang kita berikan kepada orang lain dalam mencari rezeki. Contoh, jika kita bertemu seseorang yang sulit menjual dagangannya, kita bisa inisiatif membeli dagangan tersebut dengan harga yang lebih tinggi dibanding harga normalnya, dengan perbuatan tersebut kita sudah termasuk melakukan sedekah.

Bersegeralah bersedekah, sebab bala bencana tidak pernah bisa mendahului sedekah.” (HR. Imam Baihaqi)

Manfaat dan kegunaan sedekah bukan hanya sekedar mendapatkan pahala, tetapi juga dapat melindungi kita dari mara bahaya. Kita tentu mendambakan senantiasa berada dalam zona aman, meliputi kebaikan dan kebahagiaan. Namun terkadang musibah dan bencana pun tidak dapat dihindari. Sedekah merupakan salah satu cara untuk mencegahnya.

ALLAH SWT sangat memuliakan orang-orang yang bersedekah. Banyak keutamaan dan balasan yang menakjubkan yang Allah SWT sampaikan dalam firmanNya bagi orang-orang yang gemar bersedekah salah satunya adalah mampu menjadi penangkal musibah. Dengan tetap berhati-hati dan diiringi dengan sedekah semoga kita semua dapat terhindar dari musibah. Aamiin

  • Share Artikel: