Raih Pahala Kebaikan dari Rumah
10 Jul
Aksiberbagi.com

Raih Pahala Kebaikan dari Rumah

Baru saja kita menyambut tahun baru dengan penuh suka cita serta harapan baru akan hari-hari yang lebih baik. tidak pernah terpikirkan sebelumnya bahwa tahun 2021 akan menjadi tahun yang berat di mana seluruh dunia termasuk Indonesia terjangkit wabah yang menelan cukup banyak korban.

Tidak dapat dihindari, semua pihak ikut terdampak terutama kaum miskin dan dhuafa. Jangankan saat ada wabah, dalam kondisi negara normal saja para kaum miskin dan dhuafa ini telah merasakan kesulitan yang teramat sangat, apalagi dalam kondisi seperti sekarang ini.

Kota-kota melakukan semi lockdown, arahan untuk menetap di rumah saja pun diterapkan. Bahkan pihak-pihak yang berwajib tidak segan-segan menegur dan memberi sanksi pada mereka yang tidak taat. Para pekerja harian kehilangan penghasilannya, pedagang kecil tak lagi laku dan harga bahan pokok juga semakin meningkat.

Jika mau kita renungkan lebih dalam lagi, ada banyak hikmah yang bisa kita ambil dari musibah pandemi global ini, diantaranya adalah mengasah kesyukuran bagi kaum yang berada dan melatih kesabaran bagi masyarakat yang ekonominya dibawah rata-rata.

Allah SWT sedang menguji semampu apa kita sebagai orang berada memikirkan nasib kaum miskin dan dhuafa di sekitar kita. Dalam kondisi sekarang ini, tidak bisa kita bayangkan bagaimana sulitnya mereka untuk bertahana hidup.  

Tidak terkira nikmat kesehatan dan kemudahan mencari rezeki yang telah Allah karuniakan kepada kita. Sudah sepatutnya kita menyukurinya salah satunya dengan cara berbagi kepada saudara kita yang kesusahan.

Barangsiapa menghilangkan satu kesusahan dunia dari seorang mukmin, Allah akan menghilangkan darinya satu kesusahan di hari Kiamat. Dan barangsiapa yang memudahkan kesulitan orang yang dililit hutang, Allah akan memudahkan atasnya di dunia dan akhirat.” (HR. Muslim No. 2699)

Sungguh luar biasa sekali pesan yang disampaikan oleh qudwah hasanah kita Nabi Muhammad SAW ini, bahwa satu kesusahan yang kita hilangkan dari saudara kita akan terbalas dengan hilangnya satu kesusahan kita dihari kiamat kelak.

Waktu semakin berjalan, dan adanya wabah ini pun semakin mengingatkan kita akan dekatnya kematian. Bahwa kita tidaklah memiliki kuasa sedikitpun dan amal kebaikan lah yang akan menjadi penolong kelak di akhirat.

Sahabat, mari kita luangkan waktu sejenak untuk merenung lebih dalam lagi, sejauh apa amal kebaikan yang telah kita perbuat. Sebanyak apa kemudahan-kemudahan yang telah kita berikan untuk saudara-saudara kita yang membutuhkan sehingga hal itu bisa memudahkan kita di yaumul hisab kelak.

Selagi masih ada kesempatan, selagi masih bisa berkumpul dengan keluarga di rumah dalam keadaan sehat wal afiat, jangan ragu sedikitpun untuk berbagi dengan sesama. Tidak harus menunggu berkumpulnya orang di masjid, atau datang ke rumah-rumah kumuh.

Ada banyak fasilitas kebaikan yang telah memberi Anda kemudahan meraih pahala. Raihlah perangkat seluler Anda, jangan lagi menunda. Salurkan bantuan terbaik Anda pada sesama.

  • Share Artikel: