Melatih Anak Gemar Bersedekah Sejak Dini
15 Sep
Aksiberbagi.com

Melatih Anak Gemar Bersedekah Sejak Dini

Sebuah keharusan bagi orang tua untuk mengajarkan anak berbagi atau bersedekah dalam bentuk benda dan harta. Karena dengan melatih bersedekah sejak dini dapat membiasakan anak untuk menjadi pribadi yang penuh empati dan ikhlas.

Seberapa penting seorang anak harus mulai bersedekah?

Di masa “golden age” yang terjadi di usia 0-5 tahun, anak dalam masa pertumbuhan dan perkembangan terutama kecerdasan, serta memperoleh pengalaman baru dalam hidupnya. Hal ini menjadi momen penting bagi orang tua untuk memanfaatkannya dengan membentuk kepribadian baik salah satunya dengan melatih bersedekah sejak dini.

Dengan melatih bersedekah sejak dini akan ada beberapa sifat dan sikap yang tertanam bagi anak, Diantaranya:

1. Menumbuhkan rasa empati.

Saat anak bersedekah, ia sedang belajar untuk berempati dengan orang lain karena kondisi setiap keluarga selalu berbeda. Ada yang mampu dan serba ada, ada juga yang kurang beruntung.

Pada proses menumbuhkan empati, orang tua dapat mengajak anak untuk bersedekah seperti, memberi nasi berkah di hari jumat, mengajak ke panti asuhan, dan lain-lain.

2. Melatih anak tidak terpaku dengan materi.

Dengan melatih bersedekah, ingatkan anak bahwa kehidupan di dunia hanya sementara dan semua yang dimiliki saat ini tidak sepenuhnya miliknya. Hadiah bagi anak juga tak selalu harus mewah, beri hadiah lain seperti merayakan ulang tahun bersama anak-anak yatim, dan hadiah lain yang mendorong anak untuk peduli terhadap sesama.

3. Menanamkan keihklasan.

Jangan membiasakan anak untuk memberi dengan pamrih. Karena akan sangat berpengaruh untuk kebiasaan sikap dan sifat kedepannya. Ajarkan, beritahu anak, bahwa memberi sesuatu kepada orang lain tidak melulu harus mendapat pujian atau balasan yang serupa.

Ketika anak memahaminya, saat itulah ia sedang belajar untuk ikhlas.

Sebelum terlambat, mari mulai membiasakan anak untuk bersedekah. insyaAllah tak hanya anak yang mendapatkan pahala, tapi juga kedua orang tua yang telah mendidik dan membiasakan anak untuk ringan bersedekah dan berbagi.

  • Share Artikel: