8 Resolusi Hidup untuk Lebih Produktif di tahun 2022

8 Resolusi Hidup untuk Lebih Produktif di tahun 2022
14 Jan

8 Resolusi Hidup untuk Lebih Produktif di tahun 2022

Tahun 2021 telah berlalu, tahun yang mungkin menorehkan banyak kesalahan dan membutuhkan banyak perbaikan.  Kini sudah saatnya tahun untuk memulai perbaikan dari kesalahan yang lalu.

Mari tinggalkan kesalahan di tahun lalu, dan buat resolusi untuk memperbaiki kesalahan itu di tahun yang baru ini.

Mengenai resolusi, tiap individu pasti memiliki resolusi untuk lebih produktif lagi dari tahun-tahun sebelumnya. Benar, kan? Nggak usah ngeles deh, mimin juga kok, hehe.

Berikut ini beberapa resolusi hidup untuk tahun 2022 yang wajib untuk sahabat coba untuk dapat meningkatkan produktifitas:

1. Bangun lebih awal

Coba mulai hari ini untuk membiasakan diri bangun lebih awal di pagi hari, dengan bantuan alarm di HP contohnya. Usahakan setelah bangun dari tidur menahan diri untuk tidak memejamkan mata sahabat lagi. Biasakan untuk perlahan bangun dan duduk,  atau tinggalkan tempat tidur dan jalan ke kamar mandi untuk ambil air wudhu atau gosok gigi dan cuci muka untuk mempersiapkan aktivitas di pagi hari. Karena pagi hari adalah waktu yang diberkahi oleh Allah, dengan memulai aktifitas hari lebih pagi, maka harimu akan lebih semangat dan produktif.

2. Sholat tepat waktu

Jika di tahun 2021 masih mendapati sholat tidak tepat waktu, maka di tahun ini mari biasakan diri mendisiplinkan waktu untuk beribadah kepada Allah SWT. Jika adzan berkumandang tinggalkan segala aktifitas dan beranjak ke masjid untuk menghadap Allah, mintalah keridhoan-Nya dalam menjalani hidup sahabat. Sejatinya sholat 5 waktu adalah seruan Allah untuk hamba-Nya yang ingin berkeluh kesah. Gimana sih maksudnya?

Jadi dengan sholat, sahabat diberi kesempatan untuk berkeluh kesah kepada Allah SWT. Untuk dapat berdoa segala hal yang diinginkan sahabat, untuk mendapatkan segala solusi dari permasalahan hidup yang dihadapi sahabat. Akan tetapi, syarat untuk dikabulkanya doa sahabat salah satunya adalah dengan sholat tepat waktu, maka dari itu, yok biasakan tidak menunda waktu sholat yaa.

3. Baca Quran setiap hari

Tahu nggak sih sahabat, dengan membaca Al- Quran setiap hari dapat mendatangkan banyak manfaat untuk hidup. Apa saja sih? Yok simak!

Membaca AL Quran membutuhkan fokus dan konsentrasi yang tinggi, sehingga hal itu dapat membuat daya ingat menjadi lebih tajam dan konsentrasi pun akan semakin kuat, serta pikiran akan menjadi jernih. Selain itu energi positif dari ayat-ayat Al Quran yang dilantunkan dapat menjadi nutrisi otak yang paling berharga dan bahkan mungkin dapat mencegah dari penyakit yang menyerang saraf otak, seperti Alzheimer dan Demensia.

Untuk kesehatan manfaat membaca Quran setiap hari dapat menstabilkan tekanan darah. Karena saat melakukan pengulangan frase, tubuh sahabat secara langsung akan mengalami proses relaksasi yang merangsang pengaktifan sekaligus pengendalian saraf otonom, sehingga menstimulus tekanan darah dan denyut jantung yang lebih stabil. Sehingga membaca Al Quran setiap hari selain untuk mendapat keridhoan-Nya, sahabat juga mendapatkan banyak manfaatnya untuk kesehatan.

4. Awali hari dengan sedekah

Pada dasarnya dalam Islam, memberi itu bukan berkurang. Akan tetapi Allah SWT menambahkan kembali meski bukan berupa materi, tapi akan membuka pintu rezeki dari arah yang tidak dikira sebelumnya.

Mengenai pintu reseki lewat sedekah, hal tersebut dijelaskan dalam beberapa hadis, seperti saat Rasulullah SAW bersabda dalam hadits Riwayat Baihaqi:

“Turunkanlah (datangkanlah) rezekimu dengan mengeluarkan sedekah.”

Maka dengan mengawali hari dengan sedekah, insyaAllah hari sahabat akan terlewati dengan ringan dan mendatangkan banyak rizki, bukan hanya dalam hal materi akan tetapi bisa jadi dalam hal kemudahan, kesehatan, keimanan, dan lain hal lain yang mendatangkan kebaikan untuk sahabat. Jadi jangan lupa untuk mengawali hari dengan sedekah ya sahabat.

5. Luangkan 10 menit untuk olahraga setiap hari

Membiasakan gaya hidup sehat itu penting untuk dilakukan. Salah satunya adalah berolahraga, di mana merupakan aktivitas fisik teratur yang mampu mengurangi lemak tubuh serta membangun massa otot untuk dapat meningkatkan metabolisme tubuh. Jika disertai dengan asupan nutrisi yang sesuai, olahraga dapat membantu menurunkan berat badan sekaligus mencegah obesitas sebagai pemicu berbagai penyakit.

Olahraga secara teratur dapat menstabilkan daya tahan tubuh agar tidak mudah terserang sakit. Berolahraga juga dapat membakar kalori kalori jahat dalam tubuh yang seharusnya dibuang, hal ini untuk menjauhkan sakit pada sahabat di masa yang akan datang. Sehingga sangat penting sahabat untuk dapat membiasakan diri berolahraga setiap harinya, cukup meluangkan 10 menit sahabat dapat memulai hidup sehat.

 

6. Luangkan waktu untuk membaca buku setiap hari

Sudah menjadi rahasia umum, bahwa membaca buku merupakan aktivitas yang mendatangkan banyak manfaat untuk kehidupan sehari-hari, namun terkadang malas untuk melakukannya. Buku merupakan salah satu di antara berbagai sumber pengetahuan yang bisa menambah wawasan. Dengan membiasakan membaca buku, sahabat bisa mengetahui apapun yang ada di dunia. Tak salah, jika pepatah mengatakan buku merupakan jendela dunia.

Membiasakan diri untuk membaca tidak hanya membuat wawasan menjadi semakin luas, akan tetapi juga mendatangkan pola pemikiran yang terbuka dan luas. Sehingga membaca buku setiap hari bisa menjadi resolusi terbesar sahabat untuk dapat semakin memperluas wawasan sahabat di dunia ini.

 

7. Perdalam soft skill dan life skill yang dimiliki

Saat ini kebutuhan industri lebih dinamis, saling berhubungan dan fleksibel, sehingga soft skill dan life skill sangat dibutuhkan penting. Bahkan dilansir dari Forbes.com, menurut laporan Global Human Capital Trends Deloitte 2016, pihak HRD perusahaan menganggap keterampilan sangat penting untuk menciptakan karyawan yang berjiwa kepemimpinan serta talenta baru untuk memajukan perusahaannya. Karena di era saat ini inovasi teknologi dan kecerdasan buatan akan menggantikan lapangan pekerjaan yang ada. Sehingga proporsi pekerjaan yang dicari oleh perusahaan akan lebih mengandalkan soft skill dari sumber daya manusia. Studi dari Deloitte Access Economics bahkan memperkirakan bahwa dua pertiga dari semua pekerjaan akan bergantung pada soft skill pada tahun 2030 secara global. Sehingga sangat penting untuk sahabat mempersiapkan hal itu mulai dari sekarang, yaitu dengan mengasah soft skill dan life skill yang sahabat miliki.

8. Buat skala prioritas

Untuk meningkatkan produktifitas skala prioritas merupakan hal yang sangat penting juga untuk sahabat buat. Selain dapat membantu menyelesaikan masalah yang sedang sahabat hadapi, juga dapat mempertajam tingkat fokus sahabat terhadap hal yang sedang dilakukan. Apabila sahabat dapat memprioritaskan suatu hal tentu sahabat akan lebih fokus terhadap hal tersebut sehingga dapat ditangani dengan maksimal serta dapat selesai lebih cepat.

Selain itu, dilansir dari goucher dengan menyusun skala prioritas segala hal akan lebih terarah dan teratur. Akibatnya, kedepannya memiliki kemungkinan untuk dapat merencanakan masa depan dengan lebih baik.

Nah, itu tadi beberapa resolusi hidup untuk meningkatkan produktifitas di tahun 2022 yang dapat sahabat coba. Gimana sahabat, mudah kan untuk memulai resolusi di tahun 2022? Yuk janji sama diri sendiri untuk coba memulai resolusi tersebut hari ini juga! Karena kapan lagi waktu yang tepat untuk memulai jika bukan sekarang? Setuju?

 

 

 

 

 

 

Share