4 Amalan Terbaik di bulan Rabiul Awwal

4 Amalan Terbaik di bulan Rabiul Awwal
08 Oct

4 Amalan Terbaik di bulan Rabiul Awwal

Safar telah berlalu, dan Alhamdulillah kita telah memasuki bulan Rabiul Awwal. Bagi ummat muslim, bulan Rabiul Awwal adalah bulan yang istimewa seperti bulan-bulan islam lainnya. Di bulan Rabiul Awwal ini, ummat muslim memperingati hari kelahiran Nabi Muhammad SAW yang menurut sejarah islam jatuh pada tanggal 12 Rabiul Awwal.

Selain menjadi bulan kelahiran Nabi Muhammad SAW, bulan Rabiul Awwal juga menjadi bulan terjadinya peristiwa-peristiwa besar seperti menikahnya Nabi SAW denga ibunda Siti Khadijah, Hijrahnya Rasulullah SAW ke Madinah untuk pertama kali, dilaksanakannya sholat jumat pertama kali, dan bulan wafatnya Rasulullah SAW.

Maka dari itu, di bulan Rabiul Awwal kita semua dianjurkan untuk mengerjakan amalan-amalan baik. Salah satu amalan yang dianjurkan Ketika menyambut awal bulan islam adalah doa, dengan bacaan:

الله اكبر الله اكبر الله اكبر الحمد لله الذي ذهب بشهر كذا وجاء بشهر كذا

 

Yang artinya: Allah Maha Besar, Allah Maha Besar, Allah Maha Besar. Segala puji bagi Allah yang telah menghilangkan bulan ini (disebutkan nama bulannya) dan telah mendatangkan bulan ini (disebutkan nama bulan yang baru)

Kemudian, setiap harinya kita dianjurkan untuk mengerjakan amalan-amalan baik seperti,

  1. Memperbanyak sholawat
  2. Memperbanyak sedekah
  3. Memperbanyak puasa sunnah
  4. Memperbanyak amal kebaikan

Sebenarnya, amalan ini adalah amalan yang rutin dan biasa dikerjakan ummat muslim. Namun, semakin kita memperbanyak amalan baik, insyaaAllah semakin banyak pula pahala dan keberkahan yang mengalir untuk kita semua.

Ingin diingatkan bersedekah rutin?

Sahabat berbagi bisa mendownload aplikasi AksiBerbagi di Playstore dan ajukan permintaan sedekah rutin di halaman utama. Melalui aplikasi AksiBerbagi, sahabat bisa memilih sedekah apa saja dengan minimal sedekah seribu rupiah. Download sekarang!

Share