Sedekah Pembangunan MCK Layak untuk Masyarakat Cibereum

Sedekah Pembangunan MCK Layak untuk Masyarakat Cibereum

Bantu masyarakat Desa Cibereum, Kecamatan Kampung Laut untuk dapat melakukan sanitasi di MCK yang aman dan layak agar tak mencemari lingkungan sungai.

0
Tercapai

Target
83
Sisa Hari

aksiberbagi.com
Akun Terverifikasi

Keterangan

Masyarakat yang berada di Desa Cibeureum, Kecamatan Kampung Laut, Cilacap adalah masyarakat pesisir yang dikelilingi banyak pulau. Kondisi tersebut membuat mereka kesulitan mendapatkan air bersih. Ketika musim penghujan mereka memanfaatkan metode “ air tadah hujan” untuk digunakan sehari hari, namun ketika musim kemarau mereka kesulitan mendapatkan air yang bersih. Salah satu kegunaan air yang sering mereka gunakan adalah untuk kebutuhan MCK.

Mayoritas masyarakat disana tidak memiliki MCK yang memadai untuk aktivitas sanitasi, MCK yang ada hanyalah sebuah tempat yang terbuat dari alas kayu dengan bagian samping terbuat dari kain bekas atau MMT berukuran 3x3 meter dengan bagian depannya hanya tertutup setengah dari total tingginya. Hampir di sepanjang deretan sungai terdapat kakus yang langsung terbuang di air sungai. Tentu hal itu sangat tidak nyaman ketika masyarakat sedang melakukan aktifitas di MCK. Ditambah dapat mengganggu terhadap kondisi kesehatan masyarakat. Terlebih ketika musim kemarau melanda permasalahan air menjadi yang utama karena sulitnya air di daerah tersebut. 

Pembuatan MCK yang layak sangat dibutuhkan masyarakat, untuk dapat beraktifitas sanitasi dengan bersih dan aman sehingga masyarakat tidak harus melakukannya di tempat kumuh yang dapat menimbulkan penyakit dan mencemari lingkungan.

Dalam sebuah hadits dijelaskan jenis amal jariyah yang terkait secara langsung dengan kebutuhan dan kemaslahatan umum. “Sesungguhnya amal saleh yang akan menyusul seorang mukmin setelah dia meninggal dunia kelak, ialah ilmu yang dia ajarkan dan sebarkan, anak saleh yang dia tinggalkan, mushaf Quran yang dia wariskan, masjid yang dia bangun, rumah tempat singgah musafir yang dia dirikan, sungai (irigasi) yang dia alirkan, dan sedekah yang dia keluarkan di kala sehat dan masih hidup. Semua itu akan menyusul ketika seseorang meninggal dunia kelak.”  (H.R. Ibnu Majah dan Baihaqi).

Oleh karena itu berikan sedekah terbaikmu untuk pembangunan fasilitas MCK layak untuk mereka yang membutuhkan melalui aksiberbagi.com dengan cara:

1. Klik tombol “DONASI SEKARANG”

2. Masukkan nominal donasi,

3. Pilih metode pembayaran melalui rekening atau e-wallet yang tersedia,

4. Transfer ke nomor rekening yang tertera,

 

Aksiberbagi – Semangat Berbagi Kebaikan Indonesia
WA Center: 0857-2526-8775

Belum ada berita

Fundraiser

Belum ada fundraiser

Jadi #JembatanKebaikan sebagai fundraiser program ini.

Donatur