brand_logo
Login
7 Amal Jariyah yang Bikin Pahala Terus Mengalir Sampai Kiamat
aksiberbagi
06-Sep-2021
Umum

7 Amal Jariyah yang Bikin Pahala Terus Mengalir Sampai Kiamat

Amal jariyah merupakan amalan yang pahalanya terus mengalir sampai hari kiamat, walaupun pelakunya telah wafat. Dalam sebuah hadits masyhur dari Abu Hurairah, Rasulullah SAW bersabda,

"Apabila anak adam wafat, maka terputuslah semua amal perbuatannya kecuali tiga macam perbuatan, yaitu sedekah jariyah, ilmu yang bermanfaat, dan doa anak shalih." (HR. Muslim)

Dalam hadits shahih lain yang diriwayatkan oleh Ibnu Majah, ada 7 amal jariyah yang pahalanya terus mengalir sampai hari kiamat. 

Apa saja amalan jariyah itu?

1. Menyebarkan ilmu pengetahuan yang bermanfaat

Ilmu pengetahuan ini bisa disebarkan melalui pendidikan formal maupun non-formal. Pendidikan formal bisa melalui pendidikan di sekolah, sedangkan pendidikan non-formal bisa melalui ceramah, diskusi, bahkan menulis buku yang berisi ilmu dan manfaat juga termasuk salah satunya.

2. Mendidik anak menjadi sholih

Ketika seorang anak dididik orang tuanya menjadi anak sholih, maka setiap kebaikan sang anak akan menjadi pahala yang mengalir sampai kepada orang tuanya. 

3. Mewariskan mushaf 

Memberikan atau mewariskan Al-Quran dan buku agama kepada orang-orang yang memiliki kemampuan untuk memanfaatkan, mengajarkan, dan menyebarkan kebaikannya kepada orang lain, maka akan mengalirkan pahala kepada pemberinya sampai kiamat.

4. Membangun masjid

Membangun rumah Allah di dunia, akan dijamin Allah SWT dengan dibangunkannya rumah di surga walaupun masjidnya berukuran kecil.

5. Membangun tempat istirahat bagi ibnu sabil

Memberi tempat istirahat bagi ibnu sabil atau orang yang bepergian termasuk amal kebaikan. 

6. Mengalirkan air ke tempat yang kekurangan air

Orang yang mengalirkan air, ia turut mengalirkan pahala untuknya hingga hari kiamat. Karena ketika membangun sumur air, air itu kemudian digunakan untuk bersuci, konsumsi, dan kegiatan yang bermanfaat. 

7. Bersedekah harta

Ketika seseorang menyedekahkan hartanya kepada fakir miskin, orang yang membutuhkan, dan lain-lain, Allah akan menggantinya berlipat ganda. 

Semoga salah satu dari tujuh amalan ini bisa menjadi amalan yang dirutinkan terus menerus. Karena satu amalan tetapi rutin, Insyaa Allah akan mengalirkan pahala. Begitupun ketika berhasil melakukan ketujuh amalan itu secara rutin, luar biasa pahala yang terus mengalir sampai hari kiamat nanti. 

Bagikan Artikel:

beranda beranda Beranda chat chat infaqu donasi donasi sedekah kontak kontak Jejak Kebaikan donasi rutin donasi rutin Akun