Ekspedisi Kemerdekaan di Desa Terluar Kab. Wonosobo
23 Aug

Ekspedisi Kemerdekaan di Desa Terluar Kab. Wonosobo

Pada Senin (16/8), tim relawan lapangan aksiberbagicom berkesempatan untuk berkunjung di desa Deroduwur, Kab. Wonosobo. Desa Deroduwur sendiri merupakan desa terluar di sebelah barat Kab. Wonosobo yang menjadi sasaran Ekspedisi Kemerdekaan untuk dhuafa, anak yatim, dan al-quran.

Saat tiba di kantor desa, tim disambut hangat oleh perangkat desa dan disuguhi jajanan khas serta minuman kopi arabika lokal dari gunung Bismo. Kepala desa deroduwur juga menjelaskan kepada tim perihal kondisi desa yang menjadi zona merah atau daerah miskin yang saat ini mulai bergerak menjadi desa berkembang melalui pemberdayaan masyarakat pada UMKM pengolahan jahe dan kopi hasil budidaya desa Deroduwur.

Penyaluran Al-quran disalurkan di dua pondok pesantren di desa Deroduwur, pesantren Al-Muhkasin dan pesantren Al-Asy‘Ariyyah 2 sejumlah 100 Al-quran. Kemudian pada Selasa (17/8), tim relawan lapangan berkesempatan mengikuti upacara kemerdekaan di pesantren Al-Asy‘Ariyyah 2 dan mengadakan kegiatan bersama anak-anak yatim seperti, dongeng dengan tema “Gotong Royong” yang dibawakan kak Anisia dari tim relawan dan lomba estafet di sekitar pesantren. Kemudian kegiatan tersebut ditutup dengan pembagian 63 santunan untuk santri dan anak yatim desa Deroduwur.

Sore hari, tim relawan lapangan bersama perangkat desa berkunjung ke rumah warga dhuafa dan membagikan 10 paket sembako. Saat tiba di rumah warga dhuafa, tim disambut hangat dan ucapan terimakasih yang diucap berkali-kali oleh warga dhuafa tersebut. Ungkapan bahagia dan syukur terucap berulang kali. Ternyata, kondisi pandemi yang masih terus berlangsung sampai hari ini cukup membuat warga merasa kesulitan dalam hal ekonomi untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari.

Setelah menyelesaikan tugas penyaluran lapangan, tim dan perangkat desa beramah tamah dan berbincang-bincang terkait potensi dan dukungan yang perlu dilakukan untuk menjadikan desa Deroduwur menjadi desa maju dari segi ekonomi, wisata, dan banyak lainnya. Pertemuan ini sekaligus perpisahan dari tim relawan lapangan yang harus segera kembali ke Solo untuk melaksanakan tugas-tugas kebaikan aksiberbagicom.

Dua hari berjalan sangat cepat. Namun, tim relawan lapangan sangat berharap dapat kembali berkunjung ke desa Deroduwur agar bisa mendapatkan pengetahuan, pengalaman, serta informasi yang lebih banyak lagi.

  • Share Artikel: