Mau kan Doa Terkabul? Simak dulu 6 Syarat ini!

Mau kan Doa Terkabul? Simak dulu 6 Syarat ini!
14 Oct

Mau kan Doa Terkabul? Simak dulu 6 Syarat ini!

Sahabat berbagi, tau gak sih kalau Doa itu merupakan bagian dari amal ibadah yang harus dilakukan dengan cara khusyuk, khusyu bisa di artikan sebagai "serius" dalam berdoa. Selain sifat khusyuk, yakin dan istiqomah agar doa yang dipanjatkan dikabulkan, 6 syarat ini harus dipenuhi saat kita memanjatkan doa kepada Allah Subhanahu wa ta'ala. Yuk simak ulasan dibawah ini!

1.Didasari dengan rasa ikhlas atau berserah diri kepada-Nya

Sifat rasa ikhlas dalam berdoa perlu dihadirkan pada diri dan hati orang-orang yang sedang berdoa. Sifat ikhlas menjadi syarat diterimanya amalan ataupun doa yang dipanjatkan kepada Allah Swt. Ikhlas bisa diartikan sebagai sifat "ridho"  atas ketentuan Allah Swt yang diberikan kepada hamba-Nya.


2. Sesuai yang dicontohkan Nabi SAW

Setelah hadirnya rasa ikhlas dalam diri kita, beribadah dan berdoa hendaknya mengikuti cara-cara yang Rasulullah Saw contohkan karena ialah utusan Allah yang wajib kita teladani dan kita ikuti ajaran-ajaranya untuk mendapatkan ridho Allah Swt.

Perintah mengikuti Rasulullah Saw, juga diabadikan dalam potongan surat Al-A'rof ayat 158 yang artinya

"Dan ikutilah dia,Supaya kamu mendapatkan petunjuk"

Dengan melihat airman Allah dalam Al-Qur'an, sudah seharusnya berdoa dan beramal ibadah lainnya sesuai dengan dengan apa yang diajarkan Nabi Muhammad Saw. Sebagaimana Nabi Muhammad Saw bersabda

"Barangsiapa melakukan suatu perkara yang tidak sesuai dengan apa yang kami kerjakan maka amalan itu sia-sia." (HR: Muslim)


3. Yakinkan diri dengan penuh iman bahwa Allah Maha Mendengar

Selain ikhlas dalam berdoa, berdoa hendaknya juga dibarengi dengan sifat yakin dan percaya bahwa doa-doa yang dipanjatkan akan terkabul atau terjawab olah Allah Swt. Dengan sifat yakin dan percaya secara perlahan apa yang kita harapkan akan tercapai.

4. Menghadirkan kusyuk atau serius akan kebesaran Allah SWT

Saat berdoa seharusnya dibarengi dengan rasa khusyuk akan kebesaran Allah dan hukum-hukum Allah Swt sebagai bentuk keimanan kepada Allah Swt. Agar kita mendapatkan pahala dan ridho dari Allah Swt. Hadirnya sifat khusyuk di hati kita, sudah dijelaskan secara jelas dalam firman Allah Swt dalam surat Al-Anbiya ayat 90 yang artinya:

"Sesungguhnya mereka adalah orang-orang yang selalu bergegas dalam (mengerjakan) perbuatan-perbuatan yang baik dan mereka berdoa kepada kami dengan harap dan cemas. Dan mereka adalah orang-orang yang khusyuk kepada Kami."


5. Bersungguh-sungguh dalam berdoa
Dalam berdoa Allah juga melihat seberapa besar kesungguhanya dalam berdoa, apakah kita hanya berdoa saja tanpa hadirnya kesungguhan didalam diri dan hati kita Allah Swt akan melihat itu semua. Sudah seharusnya berdoa dilandasi dengan rasa kesungguhan dan keseriusan hati bahwa kita sedang berdoa meminta dan memohon kepada Allah Swt.

6. Mengkonsumsi makanan dan minuman yang halal untuk tubuh kita

Poin penting dalam kita berdoa dan beribadah kepada Allah Swt adalah dari segi makanan, minuman, pakaian dan harta benda yang kita peroleh. Sebab, mengonsumsi sesuatu yang haram adalah penyebab tertolaknya doa. sebagimana perintah Nabi Muhammad Saw dalam sabdanya yang diperintahkan untuk memperbaiki makanan yang kita makan.

"Perbaikilah makananmu, maka do’amu akan mustajab." (HR. Thobroni)

Untuk itu, sudah suatu keharusan mengkonsumsi makan dan minuman yang didapat dengan cara yang halal agar doa-doa yang kita panjatkan dikabulkan Allah Swt.

Selain itu, mengkonsumsi makan-makan yang haram juga akan menjadi salah satu jalan yang biasa menghantarkan kita ke neraka. Suatu keharus bagi kita berhati-hati dalam mengkonsumsi makanan, berusahalah makan dan minum dari hasil yang jelas-jelas halal.

Nah sahabat berbagi, itu dia 6 syarat yang menjadi sebab agar doa kita dikabulkan oleh Allah Subhanahu wa ta'ala. Setalah kita tahu syarat-syaratnya, mari kita koreksi diri kita sendiri apa saja yang masih kurang baik, masih salah pada diri kita sehingga doa yang kita panjatkan boleh jadi belum diperkenankan oleh allah SWT sahabat berbagi

#AksiBerbagi
#SemangatBerbagi
#SemangatIndonesia
#KolaborasikanKebaikan
#WujudkanKebaikan
#Donasionline #Infaq #Shodaqoh

Share