Tips Anti Khawatir Konsumsi Daging Qurban!

Tips Anti Khawatir Konsumsi Daging Qurban!
19 Jul

Tips Anti Khawatir Konsumsi Daging Qurban!

Alhamdulillah hari ini kita sudah memasuki hari Arafah dan Insyaa Allah besok kita bersama-sama menyambut Hari Raya Idul Adha.

Pada hari pertama setelah sholat ied, ada satu kresek daging qurban yang diantarkan ke rumah. Hari kedua, ternyata masih ada lagi daging qurban yang diantar ke rumah. Hari ketiga, Maa syaa Allaah, ternyata masih ada daging qurban yang diantar ke rumah!

Alhasil, satu pekan mungkin kita bisa mengonsumsi daging qurban setiap hari dengan olahannya yang itu-itu saja. Hari ini rendang, besok gule, besoknya tengkleng. Memang sih, ibu-ibu paling suka resep yang paling mudah dan cepat proses memasaknya. Tapi, semakin bertambahnya usia tentu kita harus bisa mengontrol pola makan dan porsi daging dengan baik. Jangan sampai karena terlalu sering mengonsumsi daging, justru menjatuhkan diri kita ke dalam penyakit-penyakit berbahaya. 

Daging qurban sendiri di Indonesia biasanya berasal dari hasil sembelihan hewan qurban berupa kambing dan sapi. Di mana kedua daging dari hewan tersebut memiliki kolesterol dan kalori yang sama-sama tinggi di beberapa bagiannya. Sehingga, kadang kita ragu-ragu ingin mengolah daging qurban menjadi makanan enak, tapi khawatir kolesterol, darah tinggi, dan resiko lainnya.

Jadi, bagaimana tips agar aman dan anti khawatir mengonsumsi daging qurban?

1. Cuci bersih daging qurban dan pisahkan bagian-bagiannya. Alangkah baiknya mulai mengurangi konsumsi jeroan. Karena kandungan kolesterol dan lemak dalam jeroan sangatlah tinggi dan beresiko apabila di konsumsi setiap hari. 

2. Olah daging dengan cara ditumis, dibakar, dipanggang, dan olahan yang meminimalisir penggunaan minyak.

3. Setelah mengonsumsi, perbanyak minum air dan rutin olahraga. Normalnya minum air 8 gelas sehari dan rutin olahraga tidak selalu olahraga berat. Jogging atau lari pagi juga termasuk olahraga untuk mengurangi kalori dan lemak loh!

4. Jangan hanya makan nasi dan daging, tapi juga imbangi dengan sayuran. Jangan lupa konsumsi buah juga, agar pencernaan lancar tanpa gangguan.

Nah, itu dia tips aman dan anti khawatir konsumsi daging qurban. Kalau daging qurbannya terlalu banyak, bisa juga disalurkan atau dibagikan ke sanak saudara kita yang tidak mendapatkan jatah daging qurban tahun ini. Kan enak, sama-sama kenyang, sama-sama bahagia, Insyaa Allah pahalanya juga berlipat ganda! 

Share