Bantu Sesama Terbebas dari Lilitan Hutang

Bantu Sesama Terbebas dari Lilitan Hutang

“Barangsiapa yang merasa senang jika diselamatkan oleh Allah dari derita hari kiamat, maka hendaknya ia menangguhkan orang yang sedang berutang atau menghapus utangnya.” (HR.Muslim, no. 4083)

0
Tercapai
60.000.000
Target
152
Sisa Hari

aksiberbagi.com
Akun Terverifikasi

Keterangan

Sahabat berbagi, ada kabar gembira bagi orang-orang yang memiliki banyak hutang. Sesungguhnya hutang tersebut akan membawa keselamatan sampai akhirat kelak nanti apabila hutang tersebut ditangguhkan atau bahkan direlakan dengan jalan menghapusnya. Salah satunya dijamin akan dimudahkan urusannya oleh Allah SWT, seperti dalam firman-Nya pada Surat Al Baqarah ayat 280.

"Dan jika (orang yang berutang itu) dalam kesukaran, maka berilah tangguh (jeda waktu) sampai dia memiliki kelapangan. Dan menyedekahkan (sebagian atau semua utang) itu lebih baik bagi kalian, jika kalian mengetahui."

Juga seperti dalam riwayat Imam Bukhari dari Huzaifah bin Al Yaman.

"Ada seorang laki-laki yang hidup sebelum kalian. Lalu datang malaikat untuk mencabut ruhnya. Kemudian ditanyakan kepadanya, 'Apakah kamu pernah berbuat kebaikan?' Dia menjawab, 'Saya tidak tahu.' Dikatakan lagi kepadanya, 'Lihatlah.' Dia menjawab, 'Saya tidak mengetahui sesuatu amalan baik pun, hanya saja aku pernah berjual beli barang dengan manusia ketika di dunia dan aku mencukupi kebutuhan mereka. Aku memberi keluasan bagi orang mampu bayar dan membebaskan untuk orang yang kesulitan.' Maka Allah memasukkan laki-laki tersebut ke dalam surga."

Membantu orang melunasi hutang mungkin sulit, tetapi jika kita bersama sama patungan insyaallah akan memudahkan para gharim untuk melunasi hutangnya. Jika kita melihat keutamaan membantu orang dari kesulitan dan dampak yang terjadi pada orang yang sedang dalam kesulitan, setidaknya hati kita bisa terketuk untuk memberikan kemudahan.

“Barang siapa yang melepaskan satu kesusahan seorang mukmin, pasti Allah akan melepaskan darinya satu kesusahan pada hari kiamat. Barang siapa yang menjadikan mudah urusan orang lain, pasti Allah akan memudahkannya di dunia dan di akhirat. Barang siapa yang menutupi aib seorang muslim, pasti Allah akan menutupi aibnya di dunia dan di akhirat. Allah senantiasa menolong hamba Nya selama hamba Nya itu suka menolong saudaranya”. (HR. Muslim)

Kondisi saat ini ditengah pandemi banyak orang yang untuk bertahan hidup sulit, sebagian ada yang berhutang atau bertahan diri dari rasa lapar. Selain itu, banyak para pedagang kecil yang tidak memiliki modal dan meminjam yang mengakibatkan riba. Tentunya dalam kehidupan ini tidak dapat terlepas dengan yang namanya hutang piutang, namun tidak semua orang bisa terhindar dari hutang karena kesulitan dan kemiskinan.

Sahabat berbagi, mari bersama-sama saling bantu untuk keluar dari masa kesulitan terutama bagi para gharim yang sedang terjerat hutang dengan cara:

1. Klik tombol “DONASI SEKARANG”

2. Masukkan nominal donasi,

3. Pilih metode pembayaran melalui rekening atau e-wallet yang tersedia,

4. Transfer ke nomor rekening yang tertera,

 

Aksiberbagi – Semangat Berbagi Kebaikan Indonesia
WA Center: 0857-2526-8775

Belum ada berita

Fundraiser

Belum ada fundraiser

Jadi #JembatanKebaikan sebagai fundraiser program ini.

Donatur