Bangun Sumur Santri Di Pelosok Sumsel

Bangun Sumur Santri Di Pelosok Sumsel

BERBAGI AIR BERSIH UNTUK PARA SANTRI Pengadaan sumur bor gratis di daerah dan Pondok Pesantren yang mengalami Krisis Air Bersih

0
Tercapai
300.000.000
Target

Sisa Hari

aksiberbagi.com
Akun Terverifikasi

Keterangan

Sudah dari sejak lama para santri mengalami kesulitan mendapatkan air bersih yang layak salah satu nya adalah di Pondok pesantren Darul Ulum

Ponpes Darul Ulum Adalah Ponpes untuk anak anak dari Keluarga Prasejahtera Yang dibebaskan beban pembiayaan nya. Ponpes Darul Ulum hanya mampu membeli air bersih dari pemasok, itu pun hanya mampu mereka beli satu kali setiap pekannya dalam jumlah terbatas.

Sedangkan untuk kebutuhan sanitasi, para santri terpaksa menggunakan genangan dari tampungan air hujan dikala kemarau melanda, yang ada di beberapa titik.

Meskipun ponpes ini sudah pernah di bor akan tetapi kontur tanah yang keras sehingga mengalami kesulitan dan gagal dalam pengeboran.

Karena Kebutuhan akan air bersih yang cukup banyak adalah salah satu faktor mengapa para santri membeli dan sangat irit dalam menggunakan air.

———————-

Pondok Pesantren Darul Ulum merupakan wilayah dengan zonasi air tanah dengan wilayah batuan sehingga sulit  pengeboran air dengan alat pengeboran biasa, dan tentunya memerlukan biaya yang besar. 

Dengan program Berbagi Air Bersih mengupayakan pengadaan air dengan dua skema yakni :

1. Distribusi air bersih melalui truk tangki ke Pondok sebagai antisipasi jangka pendek.

2. Pengeboran sumber air setelah tahap awal penyaluran program dengan skema no.1 sehingga nilai manfaat dapat dirasakan lebih lama baik bagi para penerima manfaat maupun donatur.
Adapun rencana 3 titik lokasi yang akan dilakukan pengeboran sumber air bersih sbb :

1. Ponpes Darul Ulum

2. Ponpes Faidhul Baroqah

3. Ponpes Al Istiqomah
 

iBmQXB4pqp9tzVIuQMxAk1E.jpg

Saad bin Ubadah radhiallahu ‘anhu. bertanya kepada Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam, “Wahai Rasulullah, sedekah apa yang paling utama?” Beliau menjawab, “Memberi air (sedekah air).” (Shahih Abu Daud)
Dari Anas, “Sesungguhnya Sa’id Ubadah datang kepada Nabi shallallahu ‘alaihi wasallam, lalu ia berkata, ” Wahai Rasulullah, sesungguhnya ibuku telah meninggal, tetapi beliau tidak memberiku wasiat. Apakah bermanfaat bagi dirinya kalau aku mengeluarkan sedekah atas namanya?” Nabi bersabda, “ Ya. Dan hendaklah engkau memberikan sedekah dengan air (sedekah air).” (HR Thabrani)

Belum ada berita

Fundraiser

Belum ada fundraiser

Jadi #JembatanKebaikan sebagai fundraiser program ini.

Donatur